Beranda » Mesin Pengolahan Makanan » Alat Industri Pembuat Baglog Jamur Sistem Manual Graha Mesin
click image to preview activate zoom

Alat Industri Pembuat Baglog Jamur Sistem Manual Graha Mesin

Rp 15.000.000
Stok Tersedia
Kategori Mesin Pengolahan Makanan, Mesin Usaha / UKM
Tentukan pilihan yang tersedia!
Pemesanan yang lebih cepat! Quick Order
Bagikan ke

Alat Industri Pembuat Baglog Jamur Sistem Manual Graha Mesin

Alat Industri Pembuat Baglog Jamur Sistem Manual Graha Mesin

Deskrispi Alat Pembuat Baglog Jamur Manual

Alat pembuat baglog jamur manual adalah sebuah perangkat yang digunakan dalam proses pembuatan baglog, yaitu media tanam untuk budidaya jamur. Alat ini umumnya lebih sederhana dan membutuhkan operasi manual oleh penggunanya, berbeda dengan versi otomatis yang mungkin menggunakan mesin atau perangkat elektronik untuk beberapa fungsinya. Baglog sendiri biasanya terdiri dari campuran serbuk gergaji, dedak, dan bahan organik lainnya yang disterilkan dan diinokulasi dengan bibit jamur.

Alat manual ini membantu dalam proses pencampuran serbuk gergaji, dedak, kapur, dan bahan organik lainnya. Pengadukan yang merata sangat penting untuk memastikan distribusi nutrisi yang konsisten dan mendukung pertumbuhan jamur. Alat ini sering dilengkapi dengan fitur untuk mengukur atau menimbang bahan sehingga komposisi baglog bisa konsisten, yang penting untuk menghasilkan hasil panen yang merata. Setelah bahan dicampur, alat pembuat baglog manual memungkinkan pemadatan campuran ke dalam kantong plastik atau wadah lain yang telah disiapkan. Pemadatan ini penting untuk mengurangi jumlah udara dalam baglog, yang dapat mempengaruhi pertumbuhan jamur.

Alat pembuat baglog jamur manual sangat cocok untuk para pengusaha jamur skala kecil hingga menengah yang ingin mengontrol setiap tahap produksi dengan biaya yang lebih terjangkau.

Spesifikasi Alat Pembuat Baglog Jamur Manual

  • Kap : Continous
    Dimensi : 20 x 40 x 80 Cm
    Material : Besi
    Sistem : Manual

Cara Kerja Alat Pembuat Baglog Jamur Manual

Berikut adalah tabel yang menjelaskan proses atau cara kerja alat pembuat baglog jamur manual secara detail. Tabel ini akan membantu memahami setiap langkah yang dilakukan dalam pembuatan baglog secara manual:

Langkah Proses Deskripsi
1 Pengumpulan Bahan Mengumpulkan semua bahan yang diperlukan seperti serbuk gergaji, dedak, kapur, dan air.
2 Pencampuran Bahan Mencampurkan serbuk gergaji, dedak, dan kapur secara merata menggunakan alat pengaduk manual.
3 Penambahan Air Menambahkan air ke dalam campuran bahan untuk mencapai kelembapan yang diinginkan.
4 Pemeriksaan Kelembapan Memastikan bahwa campuran memiliki kelembapan yang tepat untuk pertumbuhan jamur, biasanya sekitar 60-65%.
5 Pengisian ke dalam Kantong Menggunakan alat pemadat, memadatkan campuran ke dalam kantong plastik yang telah disiapkan.
6 Penyegelan Kantong Menyegel kantong dengan alat penyegel manual untuk mencegah kontaminasi dan mempertahankan kelembapan yang ideal.
7 Sterilisasi Sterilisasi kantong baglog menggunakan steamer atau autoclave untuk membunuh mikroorganisme berbahaya.
8 Inokulasi Memasukkan bibit jamur ke dalam baglog yang telah disterilisasi. Ini biasanya dilakukan di ruangan yang steril.
9 Inkubasi Menyimpan baglog di ruang inkubasi yang memiliki kondisi suhu dan kelembapan yang dikontrol untuk pertumbuhan jamur.
10 Panen Memanen jamur setelah masa inkubasi yang cukup dan jamur tumbuh optimal.

Tabel ini memberikan gambaran yang jelas tentang proses pembuatan baglog menggunakan alat manual, mulai dari persiapan bahan hingga panen jamur. Setiap langkah harus dilakukan dengan hati-hati untuk memastikan kualitas dan produktivitas budidaya jamur yang efektif.

Gambar Alat Pembuat Baglog Jamur Manual

Keunggulan Alat Pembuat Baglog Jamur Manual

Alat pembuat baglog jamur manual memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya cocok untuk digunakan, khususnya bagi pengusaha budidaya jamur skala kecil hingga menengah atau bagi mereka yang baru memulai usaha ini. Berikut ini beberapa keunggulan dari menggunakan alat pembuat baglog jamur manual:

  1. Biaya Awal Rendah:
    • Investasi awal yang dibutuhkan untuk membeli atau membuat alat manual lebih rendah dibandingkan dengan mesin otomatis. Ini membuat alat ini sangat cocok untuk pengusaha atau petani dengan anggaran terbatas.
  2. Sederhana dan Mudah Digunakan:
    • Alat manual cenderung lebih sederhana dalam desain dan operasi. Hal ini memudahkan pengguna dalam mengoperasikan dan memelihara alat tanpa memerlukan pelatihan teknis yang kompleks.
  3. Penggunaan Fleksibel:
    • Alat pembuat baglog manual memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan ukuran dan bentuk baglog sesuai dengan kebutuhan, serta mengakomodasi berbagai jenis bahan baku yang tersedia.
  4. Pemeliharaan Mudah:
    • Karena memiliki lebih sedikit komponen mekanis dan elektronik, alat manual lebih mudah dirawat. Pengguna dapat melakukan perbaikan dan pemeliharaan dasar sendiri tanpa memerlukan layanan teknis yang mahal.
  5. Ideal untuk Produksi Skala Kecil:
    • Alat ini sangat sesuai untuk produksi baglog dalam jumlah kecil atau sedang, yang sering kali sesuai dengan kebutuhan produsen jamur lokal atau pengusaha yang beroperasi di pasar niche.
  6. Meminimalkan Ketergantungan pada Listrik:
    • Karena beroperasi secara manual, alat ini tidak memerlukan sumber listrik, sehingga bisa digunakan di lokasi yang tidak memiliki akses mudah ke listrik atau di daerah yang sering mengalami pemadaman listrik.
  7. Kontrol Proses Produksi:
    • Operator dapat secara langsung mengontrol dan menyesuaikan proses pembuatan baglog, mulai dari pemilihan bahan hingga penentuan kelembapan dan kualitas akhir. Kontrol ini penting untuk memastikan kualitas produk yang konsisten.
  8. Ramah Lingkungan:
    • Alat manual mengurangi penggunaan energi dan potensi limbah elektronik, membuatnya lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan opsi yang lebih mekanisasi dan otomatis.

Alat pembuat baglog jamur manual adalah solusi yang ekonomis dan efektif untuk kebutuhan pembuatan baglog yang tidak hanya hemat biaya tetapi juga memungkinkan kontrol yang lebih besar atas proses produksi. Meskipun memiliki keterbatasan dalam hal skala produksi dan kecepatan, keunggulan ini menjadikannya pilihan yang populer di kalangan pengusaha jamur yang beroperasi pada skala yang lebih kecil dan lebih terkendali.

Fungsi Alat Pembuat Baglog Jamur Manual

Alat pembuat baglog jamur manual memainkan peran penting dalam produksi baglog, yaitu media tanam untuk budidaya jamur. Fungsi utama dari alat ini meliputi beberapa aspek penting dalam proses pembuatan baglog, yang dijelaskan sebagai berikut:

  1. Pencampuran Bahan:
    • Alat ini berfungsi untuk mencampurkan berbagai bahan baku seperti serbuk gergaji, dedak, kapur, dan air. Campuran harus homogen untuk mendukung pertumbuhan jamur yang sehat.
  2. Pengukuran dan Penimbangan:
    • Menyediakan cara untuk mengukur dan menimbang bahan dengan akurat, memastikan konsistensi dalam pembuatan baglog. Konsistensi ini penting untuk hasil budidaya yang dapat diprediksi.
  3. Pemadatan:
    • Fungsinya adalah untuk memadatkan campuran bahan ke dalam kantong plastik atau wadah lain yang telah disiapkan. Proses pemadatan penting untuk mengurangi ruang udara yang dapat menyebabkan pertumbuhan jamur tidak optimal.
  4. Penyegelan:
    • Alat ini juga digunakan untuk menyegel kantong yang berisi campuran bahan, biasanya dengan cara manual seperti pengikatan atau menggunakan klip. Penyegelan yang baik penting untuk mencegah kontaminasi dari mikroorganisme lain dan menjaga kelembapan dalam media.
  5. Sterilisasi:
    • Meski tidak selalu dilakukan dengan alat pembuat baglog itu sendiri, fungsi ini seringkali diintegrasikan dalam proses pembuatan baglog untuk memastikan bahwa baglog bebas dari patogen sebelum diinokulasi dengan spora jamur.
  6. Pengemasan:
    • Fungsionalitas untuk mengemas baglog yang telah siap agar mudah ditangani, disimpan, atau ditransportasikan. Pengemasan yang efektif melindungi baglog dari kerusakan fisik dan kontaminasi selama penyimpanan atau distribusi.
  7. Pendukung Budidaya Jamur:
    • Secara umum, alat pembuat baglog manual memungkinkan pengguna untuk menghasilkan media tanam yang optimal untuk budidaya berbagai jenis jamur, seperti jamur tiram, jamur merang, dan lain-lain.
  8. Efisiensi Tenaga Kerja:
    • Walaupun manual, alat ini membantu meningkatkan efisiensi dalam pembuatan baglog dengan menyederhanakan dan mempercepat proses yang jika dilakukan sepenuhnya secara manual mungkin akan lebih rumit dan memakan waktu.

Alat pembuat baglog jamur manual adalah solusi efektif untuk menghasilkan media tanam dalam skala kecil hingga menengah, menyediakan kontrol penuh atas proses produksi dan meminimalkan biaya operasional. Fungsi-fungsinya mendukung pembuatan baglog yang konsisten dan berkualitas, yang merupakan kunci sukses dalam budidaya jamur.

Kelebihan dan Kekurangan Alat Pembuat Baglog Jamur Manual

Berikut ini tabel yang memaparkan kelebihan dan kekurangan dari alat pembuat baglog jamur manual. Tabel ini dapat membantu Anda mempertimbangkan baik manfaat maupun tantangan penggunaan alat ini dalam proses budidaya jamur:

Kelebihan Kekurangan
Biaya Awal Rendah Produktivitas Rendah
Investasi untuk membeli atau membuat alat ini relatif murah, menjadikannya pilihan yang terjangkau untuk pengusaha skala kecil. Dibandingkan dengan mesin otomatis, alat manual memproses bahan dengan kecepatan yang lebih lambat, sehingga produksi hariannya terbatas.
Sederhana dan Mudah Dioperasikan Membutuhkan Tenaga Kerja Lebih Banyak
Desain yang sederhana membuat alat ini mudah dioperasikan dan dipelihara, tanpa perlu keahlian khusus. Proses pembuatan baglog secara manual membutuhkan usaha fisik yang lebih besar, sehingga mungkin memerlukan lebih banyak pekerja.
Kontrol Lebih Besar Terhadap Produksi Konsistensi Produk Bisa Bermasalah
Pengguna memiliki kontrol penuh atas setiap tahap produksi, memungkinkan penyesuaian terhadap berbagai variabel. Karena ketergantungan pada tenaga manusia, mungkin ada variasi dalam kualitas dan ukuran baglog antar batch.
Mengurangi Ketergantungan pada Listrik Intensitas Fisik
Tidak membutuhkan listrik, ideal untuk daerah yang memiliki akses terbatas pada listrik atau sering mengalami pemadaman. Proses pemadatan dan pengemasan secara manual bisa menjadi sangat melelahkan, terutama jika produksi dalam jumlah besar.
Penggunaan Fleksibel Skalabilitas Terbatas
Dapat digunakan dengan berbagai jenis bahan baku dan diadaptasi untuk berbagai kondisi produksi. Tidak cocok untuk skala produksi yang sangat besar, karena peningkatan volume produksi memerlukan investasi pada lebih banyak tenaga kerja atau mesin.
Pemeliharaan Mudah dan Murah Memerlukan Ruang yang Lebih Besar
Alat manual umumnya memiliki sedikit komponen yang bisa rusak, sehingga pemeliharaannya lebih mudah dan murah. Operasi manual mungkin membutuhkan ruang yang lebih luas untuk efisiensi kerja yang optimal dan penyimpanan bahan baku dan produk jadi.

Tabel ini menyajikan gambaran yang seimbang tentang penggunaan alat pembuat baglog jamur manual, menyoroti baik aspek positif maupun tantangan yang dapat ditemui dalam penggunaannya. Keputusan untuk menggunakan alat jenis ini sebaiknya didasarkan pada analisis mendalam tentang kebutuhan spesifik dan kondisi operasional dari usaha budidaya jamur Anda.

Cara Pemesanan :

KANTOR & WORKSHOP
CV. Graha Mesin Globalindo
Jalan Raya Kapi Woro No 37,
Mangliawan, Pakis, Malang, Jawa Timur 65154.

WHATSAPP
Dian : 081285840001
Billy : 081285840002
CALL CENTER
Call Center : (0341) 718-369

Email : grahamesin@gmail.com
Youtube : grahamesin
Instagram : pabrikmesin
Website : www.grahamesin.com

Tags: , , , , , , ,

Alat Industri Pembuat Baglog Jamur Sistem Manual Graha Mesin

Berat 300 gram
Kondisi Baru
Dilihat 73 kali
Diskusi Belum ada komentar

Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Produk Terkait
error: Content is protected !!

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Billy
● online
Billy
● online
Halo, perkenalkan saya Billy
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja