Beranda » Mesin Pengolahan Kelapa » Alat Pemeras Santan Manual Hidrolis | Mesin Peras Santan
zoom preview activate zoom

Alat Pemeras Santan Manual Hidrolis | Mesin Peras Santan

Rp 8.000.000
Stok Tersedia
Kategori Mesin Pengolahan Kelapa, mesin perkebunan
Tentukan pilihan yang tersedia!
Pemesanan yang lebih cepat! Quick Order
Bagikan ke

Alat Pemeras Santan Manual Hidrolis | Mesin Peras Santan

Mesin Pemeras Santan Manual Hidrolis

 

Deskripsi Mesin Pemeras Santan Manual Hidrolis

Mesin Pemeras Santan Manual Hidrolis adalah sebuah alat atau mesin yang dirancang untuk memeras santan dari parutan kelapa dengan menggunakan prinsip hidrolik secara manual. Mesin ini memanfaatkan tekanan hidrolik untuk memeras cairan santan dari parutan kelapa, sehingga efisiensi pemerasan lebih tinggi dibandingkan dengan metode pemerasan manual tradisional.

Alat pemeras santan manual hidrolis adalah perangkat yang digunakan untuk mengekstraksi santan dari daging kelapa parut secara manual dengan menggunakan prinsip hidrolik. Proses pemerasan dilakukan dengan menerapkan tekanan secara manual atau dengan bantuan tekanan hidrolik, yang memungkinkan pemerasan yang lebih efisien dan lebih kuat dibandingkan dengan pemerasan manual biasa.

Spesifikasi Mesin Pemeras Santan Manual Hidrolis Graha Mesin

  • Kapasitas : 5 – 10 Kg/ Proses
    System : Manual Hidrolik
    Bahan : Stainless Steel (Kecuali Rangka)
    Tebal : 2 Mm (Food Grade)
    Dimensi : Ø 30 x 50 x 70 Cm
    Berat : 58 Kg
    Merk : ROBHAN

Contoh Gambar Mesin Pemeras Santan Manual Hidrolis

Cara Kerja Mesin Pemeras Santan Manual Hidrolis

Cara kerja mesin pemeras santan manual hidrolis melibatkan beberapa langkah dasar yang menggabungkan prinsip mekanis dan hidrolik untuk memeras santan dari parutan kelapa. Berikut adalah langkah-langkah umum dalam operasi mesin ini:

1. Persiapan Parutan Kelapa:
– Parutan kelapa yang akan diperas santannya disiapkan terlebih dahulu. Biasanya, parutan ini diperoleh dari kelapa yang telah dikupas dan diparut.

2. Penempatan Parutan Kelapa:
– Parutan kelapa ditempatkan dalam sebuah kantong pemeras atau langsung di dalam wadah yang disediakan oleh mesin pemeras. Kantong pemeras ini berguna untuk memudahkan pemisahan santan dan ampas kelapa.

3. Penempatan Wadah di Bawah Silinder Hidrolik:
– Wadah berisi parutan kelapa (dalam kantong pemeras atau tidak) kemudian ditempatkan di bawah silinder hidrolis mesin.

4. Pengaktifan Sistem Hidrolik:
– Pengguna mengaktifkan sistem hidrolik dengan menggunakan tuas atau pedal. Tuas atau pedal ini digunakan untuk menggerakkan piston hidrolik yang ada di dalam silinder.
– Saat pengguna mendorong tuas atau menginjak pedal, piston hidrolik bergerak ke bawah, menciptakan tekanan pada parutan kelapa.

5. Pemerasan Santan:
– Tekanan hidrolik yang dihasilkan piston memeras parutan kelapa, mengeluarkan santan dari dalam parutan. Tekanan ini dapat diatur sesuai kebutuhan untuk memaksimalkan jumlah santan yang diperoleh dan mengurangi kadar air dalam ampas.
– Santan yang keluar kemudian mengalir ke wadah penampung yang telah disediakan.

6. Pengeluaran Ampas Kelapa:
– Setelah proses pemerasan selesai, tekanan hidrolik dilepaskan, dan ampas kelapa yang tersisa di dalam kantong pemeras atau wadah dapat dikeluarkan.
– Ampas kelapa ini dapat diolah lebih lanjut atau dibuang sesuai kebutuhan.

7. Pembersihan Mesin:
– Setelah pemerasan selesai, mesin dan komponennya dibersihkan untuk persiapan pemerasan selanjutnya.

Mesin pemeras santan manual hidrolis ini efektif untuk meningkatkan efisiensi pemerasan santan, mengurangi tenaga kerja manual, dan memproduksi santan dengan kualitas yang lebih konsisten. Mesin ini sangat berguna bagi usaha kecil hingga menengah di bidang kuliner atau produksi makanan dan minuman berbahan dasar kelapa.

Video Alat Pemeras Santan Manual Hidrolis

 

Keunggulan Mesin Pemeras Santan Manual Hidrolis

Alat pemeras santan manual hidrolis menawarkan berbagai keunggulan yang menjadikannya pilihan yang efisien dan praktis bagi usaha produksi santan serta produk turunan kelapa. Berikut adalah beberapa keunggulan utama dari alat pemeras santan manual hidrolis:

  •  Efisiensi Tinggi: Dengan menggunakan prinsip hidrolik, alat ini mampu memeras santan dari parutan kelapa dengan lebih efisien dibandingkan metode pemerasan manual tradisional. Hal ini memungkinkan produksi santan dalam jumlah yang lebih banyak dalam waktu yang lebih singkat.
  •  Pengoperasian yang Mudah:  Mesin dirancang untuk mudah dioperasikan, tidak memerlukan keahlian khusus. Pengguna hanya perlu menempatkan parutan kelapa dan mengaktifkan sistem hidrolik dengan tuas atau pedal.
  •  Tidak Memerlukan Listrik: Karena beroperasi secara manual, alat ini tidak memerlukan listrik. Hal ini sangat berguna untuk lokasi yang memiliki akses listrik terbatas atau untuk mengurangi biaya operasional.
  •  Desain yang Kompak: Alat ini biasanya memiliki desain yang kompak, memudahkan penyimpanan dan penggunaan di ruang terbatas, menjadikannya cocok untuk usaha kecil hingga menengah.
  • Penghematan Tenaga Kerja: Proses pemerasan yang lebih cepat dan efisien dapat mengurangi kebutuhan tenaga kerja manual, memungkinkan usaha untuk mengalokasikan sumber daya manusia ke tugas lainnya.
  • Hasil Produksi Berkualitas: Tekanan yang konsisten dan bisa diatur memungkinkan produksi santan dengan kualitas yang lebih seragam, termasuk kandungan air dan kekentalan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Kebersihan Produk: Proses pemerasan yang tertutup mengurangi risiko kontaminasi, menjaga kebersihan dan kualitas santan yang dihasilkan.
  • Kelanjutan Penggunaan Ampas Kelapa: Ampas kelapa yang dihasilkan masih bisa dimanfaatkan, misalnya untuk pembuatan kompos atau sebagai bahan baku industri lain, mengurangi limbah produksi.
  • Daya Tahan dan Perawatan Mudah: Dibuat dari bahan yang kuat dan tahan lama, seperti stainless steel, memastikan umur penggunaan yang panjang. Selain itu, perawatan dan pembersihan alat ini relatif mudah dilakukan.

Fungsi Alat Pemeras Santan Manual Hidrolis Graha Mesin

1.  Ekstraksi Santan dari Parutan Kelapa: Fungsi utama alat ini adalah untuk memeras atau mengekstrak santan dari parutan kelapa. Tekanan hidrolik yang dihasilkan oleh sistem manual memungkinkan pemisahan cairan santan dari daging kelapa dengan efisiensi tinggi.

2.  Peningkatan Kualitas Santan: Dengan menggunakan tekanan yang konsisten dan bisa diatur, alat pemeras santan manual hidrolis dapat menghasilkan santan dengan kualitas yang lebih seragam, baik dari segi kekentalan maupun kandungan airnya, dibandingkan dengan metode pemerasan manual tradisional.

3.  Pengurangan Waktu Produksi: Proses pemerasan yang lebih cepat dibandingkan dengan metode tradisional memungkinkan produksi santan dalam jumlah yang lebih besar dalam waktu yang lebih singkat, meningkatkan efisiensi produksi.

4.  Penghematan Tenaga Kerja:  Alat ini meminimalkan kebutuhan akan tenaga kerja manual untuk proses pemerasan, memungkinkan tenaga kerja dialihkan ke tugas-tugas lain yang memerlukan perhatian lebih.

Cara Pemesanan :

KANTOR & WORKSHOP
CV. Graha Mesin Globalindo
Jalan Raya Kapi Woro No 37,
Mangliawan, Pakis, Malang, Jawa Timur 65154.

WHATSAPP
Dian : 081285840001
Billy : 081285840002
CALL CENTER
Call Center : (0341) 718-369

Email : grahamesin@gmail.com
Youtube : grahamesin
Instagram : pabrikmesin
Website : www.grahamesin.com

Tags: , , , , , ,

Alat Pemeras Santan Manual Hidrolis | Mesin Peras Santan

Berat 300 gram
Kondisi Baru
Dilihat 131 kali
Diskusi Belum ada komentar

Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Produk Terkait
error: Content is protected !!

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Billy
● online
Billy
● online
Halo, perkenalkan saya Billy
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja