Beranda » Mesin Pengolahan Kompos » Alat Pengolah Pupuk Organik (APPO) / Mesin Pencacah Jerami
click image to preview activate zoom

Alat Pengolah Pupuk Organik (APPO) / Mesin Pencacah Jerami

Stok Tersedia
Kategori Mesin Pengolahan Kompos, Mesin Pertanian, Mesin Usaha / UKM
Tentukan pilihan yang tersedia!
INFO HARGA
Silahkan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi harga produk ini.
Pemesanan yang lebih cepat! Quick Order
Bagikan ke

Alat Pengolah Pupuk Organik (APPO) / Mesin Pencacah Jerami

Alat Pengolah Pupuk Organik (APPO) / Mesin Pencacah Jerami

Deskripsi Mesin pengolah pupuk organik (APPO)

Mesin pengolah pupuk organik adalah peralatan atau mesin yang dirancang khusus untuk mengubah bahan-bahan organik, seperti sisa tanaman, limbah dapur, jerami, atau kotoran hewan, menjadi pupuk organik yang dapat digunakan untuk meningkatkan kesuburan tanah. Proses pengolahan ini melibatkan sejumlah tahap, termasuk penghancuran bahan organik, pengomposan, dan fermentasi.

SPESIFIKASI MESIN APPO

  • Kapasitas : 50 – 100 Kg/ Jam
    Dimensi Mesin : 100 x 50 x 100 Cm
    Diameter Tabung : 40 Cm
    Material : Mild Steel
    Pisau : Baja Karbon, 18 buah
    Penggerak : Diesel 7 HP (China)/ Motor Listrik 1 HP
    Merk : ROBHAN
  • Kapasitas : 200 – 300 Kg/ Jam
    Dimensi Mesin : 120 x 80 x 100 Cm
    Diameter Tabung : 40 Cm
    Material : Mild Steel
    Pisau : Baja Karbon, 18 Buah
    Penggerak : Diesel 8 HP (China)
    Merk : ROBHAN
  • Kapasitas : 750 – 1000 Kg/ Jam
    Dimensi Mesin : 150 x 110 x 135 Cm
    Diameter Tabung : 50 Cm
    Material : Mild Steel
    Pisau : Baja Karbon, 18 Buah
    Penggerak : Diesel 8 HP (SNI)
    Merk : ROBHAN

Cara kerja Mesin Pengolah pupuk organik (APPO)

Mesin pengolah pupuk organik bekerja dengan mengubah bahan-bahan organik menjadi pupuk melalui serangkaian tahap. Berikut adalah langkah-langkah umum dalam cara kerja mesin pengolah pupuk organik:

  1. Penghancuran Bahan Organik: Bahan-bahan organik seperti sisa tanaman, limbah dapur, jerami, atau kotoran hewan harus dihancurkan menjadi potongan-potongan kecil. Mesin pengolah pupuk organik biasanya dilengkapi dengan pisau atau penghancur untuk melakukan tugas ini.
  2. Pengomposan: Potongan-potongan bahan organik yang telah dihancurkan ditempatkan dalam komposter atau alat pengomposan. Alat ini dapat berbentuk bak kompos atau tong kompos yang memiliki ventilasi untuk memungkinkan sirkulasi udara. Udara adalah penting karena mikroorganisme yang melakukan penguraian membutuhkannya.
  3. Pemberian Bahan Tambahan: Beberapa mesin pengolah pupuk organik dapat memiliki sistem penambahan bahan tambahan. Ini bisa termasuk penambahan mikroorganisme pengurai (starter kompos) atau bahan lain seperti serbuk tulang, abu, atau lumpur aktif. Bahan-bahan ini membantu dalam mempercepat proses penguraian dan meningkatkan kualitas pupuk organik yang dihasilkan.
  4. Fermentasi dan Penguraian: Mikroorganisme alami seperti bakteri dan jamur mulai menguraikan bahan organik tersebut. Proses fermentasi ini memecah bahan-bahan organik menjadi senyawa-senyawa yang lebih sederhana dan menghasilkan panas sebagai produk sampingan. Panas ini penting untuk membunuh bibit penyakit dan patogen yang mungkin ada dalam bahan organik.
  5. Pemantauan dan Pengaturan: Selama proses fermentasi, mesin pengolah pupuk organik perlu dipantau secara teratur. Suhu, kelembaban, dan ventilasi harus diatur sesuai kebutuhan mikroorganisme. Pemantauan ini membantu memastikan bahwa proses pengomposan berjalan dengan baik dan menghasilkan pupuk organik yang aman dan berkualitas tinggi.
  6. Pematangan dan Penyaringan: Setelah proses fermentasi selesai, pupuk organik yang dihasilkan masih mungkin mengandung potongan-potongan bahan organik yang belum teruraikan sepenuhnya. Oleh karena itu, pupuk organik perlu matang dan disaring sebelum dapat digunakan. Proses ini melibatkan penyimpanan pupuk organik dalam jangka waktu tertentu untuk memastikan bahwa semua bahan organik telah teruraikan sepenuhnya dan pupuk organik siap digunakan.

Video Mesin Pengolah pupuk organik (APPO)

Keunggulan Mesin Pengolah pupuk organik (APPO)

Mesin pengolah pupuk organik memiliki berbagai keunggulan yang membuatnya sangat diinginkan dalam praktik pertanian dan pengelolaan limbah organik. Beberapa keunggulan utamanya meliputi:

  1. Meningkatkan Efisiensi: Mesin pengolah pupuk organik dapat mengurangi waktu yang diperlukan untuk menghasilkan pupuk organik. Proses pengomposan yang manual bisa memakan waktu berbulan-bulan, sementara mesin pengolah pupuk organik dapat menghasilkan pupuk dalam waktu yang jauh lebih singkat.
  2. Kualitas Pupuk yang Lebih Baik: Mesin pengolah pupuk organik dapat menghasilkan pupuk organik dengan kualitas yang lebih baik dan seragam. Dengan mengontrol kondisi fermentasi seperti suhu dan kelembaban, mesin dapat memastikan bahwa pupuk organik yang dihasilkan memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan bebas dari patogen.
  3. Mengurangi Limbah Organik: Dengan menggunakan mesin pengolah pupuk organik, limbah organik seperti sisa tanaman, limbah dapur, dan kotoran hewan dapat diolah menjadi pupuk organik. Ini membantu mengurangi volume limbah organik yang masuk ke tempat pembuangan sampah, mengurangi dampak lingkungan.
  4. Peningkatan Kesuburan Tanah: Pupuk organik yang dihasilkan oleh mesin pengolah pupuk organik kaya akan mikroorganisme dan nutrisi. Penggunaannya dapat meningkatkan kesuburan tanah, meningkatkan struktur tanah, dan meningkatkan daya tahan tanaman terhadap penyakit.
  5. Pertanian Berkelanjutan: Dengan mengurangi ketergantungan pada pupuk kimia, mesin pengolah pupuk organik mendukung praktik pertanian berkelanjutan. Pupuk organik juga membantu mengurangi erosi tanah dan meningkatkan retensi air, menghasilkan tanaman yang lebih sehat dan produktif.
  6. Menghasilkan Produk Ramah Lingkungan: Proses pengomposan menggunakan mesin pengolah pupuk organik umumnya bersifat ramah lingkungan. Pengurangan limbah organik juga membantu mengurangi emisi gas rumah kaca, memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan.
  7. Pengurangan Ketergantungan pada Pupuk Kimia: Dengan menggunakan pupuk organik yang dihasilkan dari mesin pengolah pupuk organik, petani dapat mengurangi ketergantungan pada pupuk kimia, yang sering kali mahal dan memiliki dampak negatif terhadap lingkungan dan kesehatan manusia.

Fungsi Mesin Pengolah pupuk organik (APPO)

Mesin pengolah pupuk organik memiliki beberapa fungsi yang sangat penting dalam konteks pertanian dan pengelolaan limbah organik. Beberapa fungsi utamanya meliputi:

  1. Penghancuran Bahan Organik: Mesin ini digunakan untuk menghancurkan bahan-bahan organik seperti sisa tanaman, limbah dapur, jerami, dan kotoran hewan menjadi potongan-potongan kecil. Penghancuran ini memfasilitasi proses penguraian bahan organik oleh mikroorganisme.
  2. Pengomposan: Mesin pengolah pupuk organik membantu dalam menempatkan bahan-bahan organik yang telah dihancurkan ke dalam komposter atau alat pengomposan. Alat ini memungkinkan proses fermentasi dan penguraian bahan organik oleh mikroorganisme alami.
  3. Pemberian Bahan Tambahan: Beberapa mesin dilengkapi dengan sistem penambahan bahan tambahan seperti starter kompos, serbuk tulang, abu, atau lumpur aktif. Bahan-bahan ini membantu dalam mempercepat proses pengomposan dan meningkatkan kualitas pupuk organik yang dihasilkan.
  4. Fermentasi dan Penguraian: Mesin ini menciptakan kondisi yang optimal, seperti suhu dan kelembaban yang tepat, untuk mendukung pertumbuhan mikroorganisme yang menguraikan bahan organik. Proses fermentasi ini memecah bahan-bahan organik menjadi senyawa-senyawa yang lebih sederhana, menghasilkan pupuk organik yang kaya akan nutrisi.
  5. Pemantauan dan Pengaturan: Mesin pengolah pupuk organik sering dilengkapi dengan sistem pemantauan otomatis atau manual yang memungkinkan pengaturan suhu, kelembaban, dan ventilasi. Pemantauan ini penting untuk memastikan bahwa proses fermentasi berjalan dengan baik.
  6. Pematangan dan Penyaringan: Setelah proses fermentasi selesai, pupuk organik masih mungkin mengandung potongan-potongan bahan organik yang belum teruraikan sepenuhnya. Oleh karena itu, pupuk organik perlu matang dan disaring sebelum dapat digunakan. Mesin pengolah pupuk organik dapat membantu dalam proses pematangan dan penyaringan ini.
  7. Menghasilkan Pupuk Organik Berkualitas Tinggi: Salah satu fungsi utama mesin pengolah pupuk organik adalah menghasilkan pupuk organik berkualitas tinggi yang kaya akan nutrisi. Pupuk organik ini dapat digunakan untuk meningkatkan kesuburan tanah dan mendukung pertumbuhan tanaman dengan cara alami.

Cara pemesanan

KANTOR & WORKSHOP
CV. Graha Mesin Globalindo
Jalan Raya Kapi Woro No 37,
Mangliawan, Pakis, Malang, Jawa Timur 65154.

WHATSAPP
Dian : 081285840001
Billy : 081285840002
CALL CENTER
Call Center : (0341) 718-369
Email : grahamesin@gmail.com

Tags: , , , , , ,

Alat Pengolah Pupuk Organik (APPO) / Mesin Pencacah Jerami

Berat 300 gram
Kondisi Baru
Dilihat 96 kali
Diskusi Belum ada komentar

Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Produk Terkait
error: Content is protected !!

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Billy
● online
Billy
● online
Halo, perkenalkan saya Billy
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja