Beranda » Mesin Pengolahan Makanan » Lemari Asap Mesin Pengasap Ikan, Daging, Sosis, DLL (Smokehouse)
click image to preview activate zoom

Lemari Asap Mesin Pengasap Ikan, Daging, Sosis, DLL (Smokehouse)

Rp 12.000.000
Stok Tersedia
Kategori Mesin Pengolahan Makanan, Mesin Perikanan, Mesin Usaha / UKM
Tentukan pilihan yang tersedia!
Pemesanan yang lebih cepat! Quick Order
Bagikan ke

Lemari Asap Mesin Pengasap Ikan, Daging, Sosis, DLL (Smokehouse)

Lemari Asap Mesin Pengasap Ikan, Daging, Sosis, DLL (Smokehouse)

Graha Mesin

 

 

Deskripsi Lemari Asap Mesin Pengasap Ikan, Daging, Sosis, DLL (Smokehouse)

Lemari asap atau smokehouse adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengasap ikan, daging, sosis, dan berbagai jenis makanan lainnya. Alat ini dirancang untuk menginfuskan rasa asap ke dalam makanan, sekaligus mengawetkannya. Lemari asap ini bisa berupa struktur permanen atau unit portabel, tergantung pada kebutuhan dan preferensi penggunanya. Lemari asap dapat digunakan untuk berbagai proses pengasapan, mulai dari pengasapan dingin (dimana suhu dijaga rendah untuk mengasapi makanan tanpa benar-benar memasaknya) hingga pengasapan panas (yang juga memasak makanan selama proses pengasapan). Penggunaan lemari asap sangat populer di kalangan penggemar BBQ, restoran, dan pengolah makanan, karena kemampuannya untuk menambahkan dimensi rasa yang unik pada makanan.

Spesifikasi Lemari Asap Mesin Pengasap Ikan, Daging, Sosis, DLL (Smokehouse)

  • Type : RH-OP 50
    Kapasitas : 50 kg / 6 Rak
    Dimensi : 800 x 600 x 1500 mm
    Bahan : SS/Double Jacket
    Bahan bakar : Tungku arang , batok
    kelapa, kayu, dll
    Bahan pembakar : Gas LPG
    Merk : ROB-HAN

Cara Kerja Lemari Asap Mesin Pengasap Ikan, Daging, Sosis, DLL (Smokehouse)

Berikut adalah tabel yang menjelaskan cara kerja Lemari Asap (Smokehouse) untuk mengasap ikan, daging, sosis, dan lain-lain:

Langkah Deskripsi
1. Persiapan Bahan Bakar Memilih dan menyiapkan bahan bakar yang akan digunakan untuk menghasilkan asap, seperti serpihan kayu, cips kayu, atau pelet. Bahan bakar ini berpengaruh pada aroma asap dan rasa akhir makanan.
2. Persiapan Makanan Membersihkan dan, jika perlu, merendam makanan dalam larutan garam atau bumbu untuk membantu pengawetan dan menambah rasa.
3. Pengaturan Lemari Asap Menyiapkan lemari asap, termasuk pengaturan rak atau gantungan, dan memastikan sumber panas dan generator asap siap digunakan.
4. Pengaturan Suhu dan Asap Mengatur suhu dan jumlah asap sesuai dengan jenis makanan yang akan diasapi dan efek yang diinginkan. Pengasapan dingin memerlukan suhu yang lebih rendah dibandingkan pengasapan panas.
5. Pengasapan Meletakkan makanan di dalam lemari asap dan memulai proses pengasapan. Durasi pengasapan bisa berbeda-beda, tergantung pada jenis makanan dan tingkat intensitas rasa asap yang diinginkan.
6. Pemantauan Secara berkala memeriksa suhu dan asap di dalam lemari, serta kondisi makanan, untuk memastikan proses pengasapan berjalan sesuai dengan yang diharapkan.
7. Penyelesaian Setelah proses pengasapan selesai, mengeluarkan makanan dari lemari asap dan membiarkannya mendingin. Makanan kemudian siap untuk dikonsumsi atau disimpan lebih lanjut.

Komponen Lemari Asap Mesin Pengasap Ikan, Daging, Sosis, DLL (Smokehouse)

Secara umum, lemari asap terdiri dari beberapa komponen utama, antara lain:

  1. Kamar Asap: Ruangan utama tempat makanan diletakkan. Kamar ini dirancang untuk menahan asap dan panas, serta memastikan distribusi yang merata di sekitar makanan.
  2. Sumber Panas: Bisa berupa elemen pemanas listrik, gas, atau bahkan sumber panas tradisional seperti kayu atau arang. Sumber panas ini berfungsi untuk menghasilkan asap dan juga mengatur suhu di dalam lemari asap.
  3. Generator Asap: Bagian ini menghasilkan asap dari bahan bakar yang terbakar atau membara, seperti serpihan kayu, cips kayu, atau pelet. Asap ini kemudian dialirkan ke dalam kamar asap untuk mengasapi makanan.
  4. Pengatur Suhu dan Asap: Sebagian besar lemari asap modern dilengkapi dengan kontrol elektronik atau mekanik untuk mengatur suhu dan jumlah asap di dalam kamar, memungkinkan proses pengasapan yang konsisten dan dapat diulangi.
  5. Rak atau Gantungan: Untuk menempatkan atau menggantung makanan yang akan diasapi. Ini memungkinkan asap merata menyebar dan menginfusi ke semua bagian makanan.

Video Lemari Asap Mesin Pengasap Ikan, Daging, Sosis, DLL (Smokehouse)

Keunggulan Lemari Asap Mesin Pengasap Ikan, Daging, Sosis, DLL (Smokehouse)

Berikut adalah beberapa keunggulan utama dari lemari asap mesin:

  1. Kontrol yang Lebih Baik: Lemari asap modern dilengkapi dengan kontrol suhu dan asap yang memungkinkan pengguna untuk mengatur kondisi pengasapan dengan presisi. Hal ini memastikan hasil yang konsisten dan mengurangi risiko makanan terlalu matang atau tidak terasapi dengan baik.
  2. Versatilitas: Lemari asap dapat digunakan untuk berbagai proses pengasapan, baik pengasapan dingin maupun panas, memungkinkan pengguna untuk mengasapi berbagai jenis makanan sesuai dengan preferensi mereka.
  3. Efisiensi: Dengan menggunakan lemari asap mesin, proses pengasapan menjadi lebih efisien dari segi waktu dan penggunaan bahan bakar. Generator asap yang terintegrasi menghasilkan asap yang merata dan konsisten, mengurangi kebutuhan untuk pengawasan manual yang terus-menerus.
  4. Kapasitas Besar: Lemari asap tersedia dalam berbagai ukuran, memungkinkan pengguna untuk mengasapi jumlah makanan yang besar sekaligus, cocok untuk kebutuhan komersial atau pengolahan makanan dalam skala besar.
  5. Keamanan: Lemari asap mesin dirancang dengan fitur keamanan untuk mengurangi risiko kebakaran dan insiden lainnya. Penggunaan elemen pemanas listrik atau gas yang dikontrol secara elektronik menawarkan lingkungan pengasapan yang lebih aman dibandingkan metode tradisional.
  6. Kemudahan Penggunaan: Banyak model lemari asap yang dilengkapi dengan panel kontrol digital dan timer, membuat proses pengasapan menjadi lebih mudah dan nyaman, bahkan untuk pemula sekalipun.
  7. Rasa Asap yang Otentik: Lemari asap mesin mampu menghasilkan rasa asap yang kaya dan otentik, menambahkan dimensi rasa yang unik pada makanan yang tidak dapat dicapai dengan metode memasak lainnya.
  8. Pengawetan Makanan: Selain menambahkan rasa, proses pengasapan juga berfungsi sebagai metode pengawetan alami yang dapat memperpanjang umur simpan makanan dengan mengurangi kadar air dan menerapkan antiseptik alami seperti asap dan garam.

Fungsi Lemari Asap Mesin Pengasap Ikan, Daging, Sosis, DLL (Smokehouse)

Lemari asap mesin (smokehouse) memiliki berbagai fungsi yang menjadikannya alat yang sangat berguna dan serbaguna untuk pengolahan makanan. Fungsi utama dari lemari asap meliputi:

  1. Pengasapan Makanan: Fungsi utama lemari asap adalah untuk mengasapi berbagai jenis makanan seperti ikan, daging, sosis, keju, dan lain-lain. Proses pengasapan ini menginfuskan rasa asap yang khas ke dalam makanan, memberikan aroma dan cita rasa unik yang sangat dihargai dalam banyak budaya dan tradisi kuliner.
  2. Pengawetan Makanan: Pengasapan adalah salah satu metode pengawetan makanan yang paling tua. Asap mengandung senyawa antiseptik yang membantu memperlambat pertumbuhan bakteri dan mikroorganisme lain yang dapat menyebabkan kerusakan makanan. Ini memperpanjang umur simpan makanan tanpa perlu pengawet buatan.
  3. Peningkatan Tekstur: Proses pengasapan bisa juga mempengaruhi tekstur makanan, terutama pada daging. Pengasapan lambat pada suhu rendah membuat daging menjadi lebih lembut dan meningkatkan kelembutan, membuatnya lebih menyenangkan untuk dikonsumsi.
  4. Penyediaan Metode Memasak: Selain mengasapi, lemari asap sering kali juga digunakan untuk memasak makanan. Terutama dalam pengasapan panas, di mana suhu yang lebih tinggi tidak hanya mengasapi tetapi juga memasak makanan, menjadikannya siap untuk dikonsumsi langsung setelah proses pengasapan.
  5. Pengaturan Kondisi Pengasapan: Lemari asap modern dilengkapi dengan kontrol suhu dan asap, memungkinkan pengguna untuk mengatur kondisi pengasapan dengan presisi. Ini memungkinkan untuk pengasapan khusus yang disesuaikan dengan jenis makanan dan preferensi rasa yang diinginkan.
  6. Pengasapan dalam Skala Besar: Lemari asap memungkinkan pengasapan makanan dalam jumlah yang lebih besar sekaligus, menjadikannya sangat berguna untuk produksi makanan komersial atau persiapan makanan dalam jumlah besar untuk acara atau pertemuan.
  7. Efisiensi Energi: Banyak lemari asap mesin dirancang untuk efisiensi energi, menggunakan bahan bakar seperti serpihan kayu, cips kayu, atau pelet dengan cara yang lebih hemat energi dibandingkan metode pengasapan tradisional.

Cara Pemesanan :

KANTOR & WORKSHOP
CV. Graha Mesin Globalindo
Jalan Raya Kapi Woro No 37,
Mangliawan, Pakis, Malang, Jawa Timur 65154.

WHATSAPP
Dian : 081285840001
Billy : 081285840002
CALL CENTER
Call Center : (0341) 718-369

Email : grahamesin@gmail.com
Youtube : grahamesin
Instagram : pabrikmesin
Website : www.grahamesin.com

Tags: , , , , , , ,

Lemari Asap Mesin Pengasap Ikan, Daging, Sosis, DLL (Smokehouse)

Berat 300 gram
Kondisi Baru
Dilihat 161 kali
Diskusi Belum ada komentar

Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Produk Terkait
error: Content is protected !!

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Billy
● online
Billy
● online
Halo, perkenalkan saya Billy
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja