Beranda » Mesin Pengolahan Jamu » Mesin Parutan / Pemarut Kunyit Jahe Kencur untuk Obat Tradisional (Jamu) Manual
click image to preview activate zoom

Mesin Parutan / Pemarut Kunyit Jahe Kencur untuk Obat Tradisional (Jamu) Manual

Rp 8.500.000
Stok Tersedia
Kategori Mesin Pengolahan Jamu, Mesin Usaha / UKM
Tentukan pilihan yang tersedia!
Pemesanan yang lebih cepat! Quick Order
Bagikan ke

Mesin Parutan / Pemarut Kunyit Jahe Kencur untuk Obat Tradisional (Jamu) Manual

Mesin Parutan / Pemarut Kunyit Jahe Kencur untuk Obat Tradisional (Jamu) Manual

 

 

Deskripsi Mesin Parutan / Pemarut  untuk Obat Tradisional (Jamu) Manual

Mesin parutan atau pemarut kunyit, jahe, kencur untuk obat tradisional (jamu) manual adalah alat yang digunakan untuk memarut atau menghaluskan bahan-bahan obat tradisional seperti kunyit, jahe, dan kencur. Alat ini biasanya digunakan dalam pembuatan jamu, yang merupakan obat tradisional di beberapa negara, terutama di Indonesia.

Alat ini beroperasi secara manual, yang berarti pengguna harus menggunakan tenaga fisik untuk memarut bahan-bahan tersebut. Mesin manual biasanya lebih sederhana dalam desain dibandingkan dengan mesin elektrik. Mesin ini dapat terbuat dari bahan-bahan seperti kayu, plastik, atau metal, dan memiliki bagian pemarut yang terbuat dari logam.

Cara kerjanya cukup sederhana, dimana bahan yang akan diparut ditempatkan pada bagian pemarut dan kemudian digesek-gesekan atau ditekan dengan tangan sehingga bahan tersebut terparut halus. Hasil parutan ini kemudian bisa digunakan langsung dalam pembuatan jamu atau diolah lebih lanjut sesuai dengan resep yang diinginkan.

Mesin parutan manual ini sangat berguna dalam pembuatan jamu tradisional karena mampu mempertahankan kualitas dan khasiat dari bahan-bahan obat tradisional. Meskipun operasinya membutuhkan tenaga manual, alat ini dianggap efektif untuk penggunaan skala rumah tangga atau produksi jamu skala kecil.

 

Mesin Parutan / Pemarut  untuk Obat Tradisional (Jamu) Manual

  • Tipe : RH-200PK
  • Ukuran : ± 50x50x100 cm.
  • Kapasitas : 100kg / jam.
  • Penggerak : Motor Listrik 1 HP / 1 Phase / 220 V atau Motor Bensin 5.5 HP
  • Bahan Rangka : Besi Siku
  • Bahan Body : Plat Stainless Stee

Cara Kerja Mesin Parutan / Pemarut  untuk Obat Tradisional (Jamu) Manual

Berikut adalah tabel yang menjelaskan cara kerja Mesin Parutan / Pemarut Kunyit, Jahe, Kencur untuk Obat Tradisional (Jamu) Manual:

Langkah Deskripsi
1. Persiapan Bahan Siapkan kunyit, jahe, atau kencur yang akan diparut. Pastikan bahan bersih dan, jika perlu, kupas kulitnya.
2. Persiapan Alat Siapkan mesin parutan/pemarut manual. Pastikan bagian pemarutnya tajam dan bersih.
3. Memarut Bahan Letakkan bahan pada bagian pemarut. Gunakan tangan untuk menggesek atau menekan bahan ke permukaan pemarut. Lakukan dengan gerakan yang konsisten.
4. Mengumpulkan Hasil Parutan Siapkan wadah di bawah atau di ujung pemarut untuk menampung hasil parutan.
5. Pemrosesan Lanjutan Hasil parutan bisa langsung digunakan untuk pembuatan jamu atau diolah lebih lanjut sesuai dengan resep.
6. Pembersihan Alat Setelah selesai, bersihkan mesin parutan dengan air mengalir dan pastikan tidak ada sisa bahan yang tertinggal. Keringkan sebelum penyimpanan.

Video Mesin Parutan / Pemarut  untuk Obat Tradisional (Jamu) Manual

Perbedaan Mesin Parutan / Pemarut  untuk Obat Tradisional (Jamu) Manual

Berikut adalah tabel perbedaan antara Mesin Parutan / Pemarut Kunyit, Jahe, Kencur untuk Obat Tradisional (Jamu) Manual dan Otomatis:

Kriteria Mesin Manual Mesin Otomatis
Operasi Dioperasikan dengan tangan, membutuhkan tenaga fisik dari pengguna. Dioperasikan dengan listrik atau baterai, membutuhkan sedikit atau tanpa usaha fisik dari pengguna.
Kontrol Pengguna memiliki kontrol penuh atas kecepatan dan tekanan, yang bisa mempengaruhi tekstur parutan. Kecepatan dan tekanan dikontrol oleh mesin, seringkali dengan pengaturan yang bisa disesuaikan.
Portabilitas Lebih portabel karena tidak memerlukan sumber listrik. Mudah dipindahkan dan digunakan di mana saja. Kurang portabel karena memerlukan sumber listrik atau baterai. Biasanya lebih berat dan lebih besar.
Ukuran dan Berat Biasanya lebih kecil dan ringan, mudah disimpan di dapur dengan ruang terbatas. Cenderung lebih besar dan berat, membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih luas.
Efisiensi Waktu Membutuhkan waktu lebih lama untuk memproses bahan karena operasi manual. Lebih cepat dalam memproses bahan karena menggunakan motor atau mekanisme otomatis.
Keseragaman Hasil Hasil bisa bervariasi tergantung pada teknik dan kekuatan pengguna. Hasil lebih seragam karena proses yang konsisten dari mesin.
Pemeliharaan Biasanya lebih mudah dibersihkan dan dirawat karena konstruksinya yang lebih sederhana. Mungkin memerlukan pembersihan dan pemeliharaan yang lebih kompleks karena memiliki lebih banyak komponen elektronik.
Harga Umumnya lebih terjangkau karena desain dan operasi yang sederhana. Bisa lebih mahal karena teknologi dan komponen elektronik yang terlibat.

Keunggulan Mesin Parutan / Pemarut  untuk Obat Tradisional (Jamu) Manual

Mesin parutan/pemarut kunyit, jahe, kencur untuk obat tradisional (jamu) manual memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

  1. Portabilitas: Karena tidak memerlukan listrik, mesin manual sangat portabel dan dapat digunakan di mana saja, termasuk di area tanpa akses listrik.
  2. Kontrol Lebih Besar: Pengguna memiliki kontrol penuh atas proses parutan, memungkinkan penyesuaian terhadap kekasaran atau kehalusan hasil parutan sesuai dengan kebutuhan resep jamu.
  3. Kemudahan Penggunaan: Mesin manual relatif mudah digunakan tanpa memerlukan pengetahuan teknis khusus atau pengaturan yang rumit.
  4. Hemat Energi: Tidak membutuhkan listrik atau baterai, sehingga lebih ramah lingkungan dan mengurangi biaya operasional.
  5. Perawatan Sederhana: Mesin manual biasanya memiliki desain yang sederhana, membuatnya mudah dibersihkan dan dirawat tanpa memerlukan layanan teknis khusus.
  6. Ketahanan dan Durabilitas: Dibuat dari bahan yang tahan lama, mesin manual sering kali memiliki umur penggunaan yang panjang dengan perawatan yang minimal.
  7. Biaya Awal yang Rendah: Dibandingkan dengan mesin otomatis, mesin manual biasanya ditawarkan dengan harga yang lebih terjangkau, menjadikannya pilihan ekonomis untuk penggunaan pribadi atau usaha kecil.
  8. Merawat Kualitas Bahan: Proses parutan manual dianggap dapat mempertahankan kualitas dan integritas bahan, yang penting untuk pembuatan jamu tradisional.
  9. Fleksibilitas: Dapat digunakan untuk berbagai jenis bahan, tidak hanya kunyit, jahe, dan kencur, tetapi juga bahan lain yang perlu diparut atau dihaluskan untuk pembuatan jamu atau keperluan dapur lainnya.

Fungsi Mesin Parutan / Pemarut  untuk Obat Tradisional (Jamu) Manual

Mesin parutan/pemarut kunyit, jahe, kencur untuk obat tradisional (jamu) manual memiliki beberapa fungsi utama yang mendukung pembuatan jamu dan penggunaan obat tradisional lainnya:

  1. Menghaluskan Bahan: Fungsi utama dari mesin ini adalah untuk menghaluskan atau memarut bahan-bahan seperti kunyit, jahe, dan kencur menjadi bentuk yang lebih halus. Hal ini penting dalam proses pembuatan jamu, di mana tekstur halus dari bahan diperlukan untuk memastikan khasiat obat dapat diekstraksi dengan efektif.
  2. Menyederhanakan Proses Produksi Jamu: Dengan mempermudah dan mempercepat proses pemarutan bahan-bahan jamu, mesin manual membantu menyederhanakan proses produksi jamu, baik untuk keperluan rumah tangga maupun produksi skala kecil.
  3. Mempertahankan Kualitas Bahan: Proses parutan manual dianggap mampu mempertahankan kualitas dan khasiat dari bahan-bahan obat tradisional karena minimnya panas yang dihasilkan selama proses parutan, berbeda dengan mesin otomatis yang bisa menghasilkan panas dan berpotensi mengurangi khasiat bahan.
  4. Penggunaan Multifungsi: Selain untuk kunyit, jahe, dan kencur, mesin ini juga bisa digunakan untuk memarut bahan lainnya yang diperlukan dalam pembuatan jamu atau penggunaan obat tradisional lain, seperti lengkuas, temulawak, dan bahan herbal lainnya.
  5. Mendukung Kelestarian Praktik Tradisional: Penggunaan mesin manual untuk pembuatan jamu mendukung kelestarian praktik dan pengetahuan tradisional dalam penggunaan obat herbal, memungkinkan transfer pengetahuan dari generasi ke generasi.
  6. Solusi Ekonomis: Dengan biaya awal yang rendah dan tidak membutuhkan listrik, mesin ini menawarkan solusi ekonomis untuk pengolahan bahan jamu, khususnya bagi pengusaha kecil atau individu yang ingin membuat jamu secara tradisional di rumah.

Cara Pemesanan :

KANTOR & WORKSHOP
CV. Graha Mesin Globalindo
Jalan Raya Kapi Woro No 37,
Mangliawan, Pakis, Malang, Jawa Timur 65154.

WHATSAPP
Dian : 081285840001
Billy : 081285840002
CALL CENTER
Call Center : (0341) 718-369

Email : grahamesin@gmail.com
Youtube : grahamesin
Instagram : pabrikmesin
Website : www.grahamesin.com

Tags: , , , , , , ,

Mesin Parutan / Pemarut Kunyit Jahe Kencur untuk Obat Tradisional (Jamu) Manual

Berat 300 gram
Kondisi Baru
Dilihat 150 kali
Diskusi Belum ada komentar

Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Produk Terkait
error: Content is protected !!

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Billy
● online
Billy
● online
Halo, perkenalkan saya Billy
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja