Beranda » Mesin Pengolahan Pakan Ternak » Mesin Pembuat Pelet Cetak Pelet Ikan Ternak Sederhana Graha
click image to preview activate zoom

Mesin Pembuat Pelet Cetak Pelet Ikan Ternak Sederhana Graha

Rp 17.000.000
Stok Tersedia
Kategori Mesin Pengolahan Pakan Ternak, Mesin Peternakan
Tentukan pilihan yang tersedia!
Pemesanan yang lebih cepat! Quick Order
Bagikan ke

Mesin Pembuat Pelet Cetak Pelet Ikan Ternak Sederhana Graha

Mesin Pembuat Pelet | Cetak Pelet Ikan Ternak

Deskripsi Mesin Pembuat Pelet Cetak Pelet Ikan Ternak

Mesin Pembuat Pelet, juga dikenal sebagai mesin cetak pelet ikan atau ternak, adalah alat yang digunakan untuk memproduksi pelet pakan ternak dan ikan. Pelet ini merupakan pakan yang dipadatkan dalam bentuk butiran kecil, yang memudahkan penyimpanan, penanganan, dan pemberian pakan kepada hewan ternak atau ikan. Mesin ini mampu memproses berbagai jenis bahan baku, seperti tepung ikan, dedak, biji-bijian, dan bahan tambahan lainnya, untuk membuat pelet yang bernutrisi.

Mesin ini menggunakan teknik pencetakan untuk mengompresi dan membentuk bahan baku menjadi pelet dengan ukuran dan bentuk yang seragam. Dengan memproduksi pelet sendiri, peternak dapat menghemat biaya dibandingkan dengan membeli pakan jadi dari pemasok. Mesin Pembuat Pelet atau mesin cetak pelet ikan dan ternak adalah alat yang sangat bermanfaat dalam industri peternakan dan perikanan. Mesin ini membantu peternak dan pembudidaya ikan untuk memproduksi pakan berkualitas tinggi dengan biaya yang lebih rendah, memastikan hewan dan ikan mendapatkan nutrisi yang optimal untuk pertumbuhan dan kesehatannya.

Spesifikasi Mesin Pembuat Pelet Cetak Pelet Ikan Ternak

Kapasitas : 50 Kg/ Jam

  • Type : RH – PP 50
    Body : Plat Besi MS
    Frame : Kanal L 5
    Penggerak : Motor Bensin 5,5 HP, EM (5 HP, 3 Phase)
    Transmisi : Pulley + V Belt
    Dimensi : 70 x 75 x 110 Cm
    Diameter Keluaran (mm) : 2-5 Mm (Tergantung

Cara Kerja Mesin Pembuat Pelet Cetak Pelet Ikan Ternak

Berikut adalah tabel yang menjelaskan cara kerja dari Mesin Pembuat Pelet atau Mesin Cetak Pelet Ikan dan Ternak, meliputi langkah-langkah operasional dasar dari alat tersebut:

Langkah Deskripsi Catatan
1. Penggilingan Bahan baku digiling hingga mencapai ukuran partikel yang diinginkan. Bahan baku bisa berupa tepung ikan, dedak, biji-bijian, dll. Pastikan bahan baku bersih dan kering.
2. Pencampuran Bahan baku yang telah digiling dicampur dengan bahan tambahan dan air hingga homogen. Gunakan mixer untuk hasil yang lebih merata. Tambahkan air secukupnya untuk membentuk adonan yang pas.
3. Pemasukan Bahan Adonan dimasukkan ke dalam hopper (wadah input) mesin pembuat pelet. Pastikan hopper bersih dan tidak ada sisa bahan dari proses sebelumnya.
4. Ekstrusi Adonan dipadatkan dan didorong melalui cetakan untuk membentuk pelet. Pastikan cetakan sesuai dengan ukuran pelet yang diinginkan.
5. Pemotongan Pelet yang keluar dari cetakan dipotong sesuai panjang yang diinginkan. Pengaturan pemotong harus sesuai agar panjang pelet konsisten.
6. Pengeringan Pelet yang baru dicetak dikeringkan untuk mengurangi kadar airnya. Gunakan pengering atau oven dengan suhu yang sesuai agar pelet tidak mudah hancur.
7. Pendinginan Pelet yang telah kering didinginkan untuk menstabilkan bentuk dan teksturnya. Pendinginan bisa dilakukan dengan udara alami atau mesin pendingin.
8. Penyimpanan Pelet yang sudah dingin disimpan dalam wadah atau kemasan yang sesuai. Simpan di tempat yang kering dan sejuk untuk menjaga kualitas pelet.
9. Pemberian Pakan Pelet siap diberikan kepada ikan atau ternak sesuai kebutuhan. Berikan sesuai dengan takaran nutrisi yang dibutuhkan oleh ternak atau ikan.

Tabel ini memberikan gambaran umum tentang proses pengoperasian standar dari Mesin Pembuat Pelet atau Mesin Cetak Pelet Ikan dan Ternak. Setiap langkah dijelaskan secara ringkas namun jelas untuk memastikan bahwa pengguna dapat mengikuti prosedur operasional dengan efektif dan aman. Selalu rujuk ke manual pengguna yang disertakan dengan peralatan untuk petunjuk lebih detail dan tindakan pencegahan khusus yang mungkin diperlukan.

Video Mesin Pembuat Pelet Cetak Pelet Ikan Ternak

Gambar Mesin Pembuat Pelet Cetak Pelet Ikan Ternak

Keunggulan Mesin Pembuat Pelet Cetak Pelet Ikan Ternak

Mesin Pembuat Pelet atau Mesin Cetak Pelet Ikan dan Ternak memiliki sejumlah keunggulan yang membuatnya sangat berguna dalam produksi pakan ternak dan ikan. Berikut adalah beberapa keunggulan utama dari mesin ini:

  1. Efisiensi Produksi: Mesin ini mampu memproduksi pelet dalam jumlah besar dalam waktu singkat, meningkatkan efisiensi produksi pakan dan mengurangi biaya operasional.
  2. Kualitas Pelet yang Tinggi: Mesin ini menghasilkan pelet dengan tekstur yang padat dan seragam, yang tidak mudah hancur dan memastikan pelet tetap utuh hingga dikonsumsi oleh hewan atau ikan.
  3. Pengaturan Ukuran Pelet: Ukuran pelet dapat diatur sesuai dengan kebutuhan spesifik ternak atau ikan, memberikan fleksibilitas dalam produksi pakan untuk berbagai jenis hewan.
  4. Penghematan Biaya: Dengan memproduksi pelet sendiri, peternak dapat menghemat biaya dibandingkan dengan membeli pakan jadi dari pemasok. Hal ini juga memungkinkan kontrol yang lebih baik terhadap kualitas dan komposisi pakan.
  5. Peningkatan Nutrisi: Peternak dapat menyesuaikan formula pakan sesuai dengan kebutuhan nutrisi spesifik dari ternak atau ikan, meningkatkan kesehatan dan produktivitas hewan.
  6. Kemudahan Pengoperasian: Mesin ini dirancang untuk mudah dioperasikan, bahkan oleh pekerja yang tidak memiliki keahlian khusus. Instruksi yang jelas dan fitur otomatisasi membantu dalam proses produksi.
  7. Penggunaan Bahan Baku Beragam: Mesin ini mampu memproses berbagai jenis bahan baku, seperti tepung ikan, dedak, biji-bijian, dan bahan tambahan lainnya, untuk membuat pelet yang bernutrisi dan seimbang.
  8. Konstruksi Tahan Lama: Mesin pembuat pelet biasanya dibuat dari bahan yang kuat dan tahan lama, seperti baja tahan karat, yang memastikan masa pakai yang panjang dan ketahanan terhadap kondisi kerja yang berat.
  9. Penghematan Waktu dan Tenaga Kerja: Mesin ini mengurangi kebutuhan tenaga kerja manual dalam proses pencampuran dan pencetakan pakan, memungkinkan produksi pakan dilakukan lebih cepat dan efisien.
  10. Dukungan Lingkungan: Pelet yang diproduksi dapat dibuat dari bahan baku lokal dan sisa-sisa pertanian, mendukung praktik pertanian berkelanjutan dan mengurangi limbah.
  11. Konsistensi Produk: Mesin ini memastikan konsistensi dalam bentuk, ukuran, dan kualitas pelet dari satu batch ke batch berikutnya, yang penting untuk standar pakan ternak yang tinggi.

Dengan berbagai keunggulan ini, Mesin Pembuat Pelet atau Mesin Cetak Pelet Ikan dan Ternak menjadi alat yang sangat berharga bagi peternak dan produsen pakan ternak. Mesin ini tidak hanya meningkatkan efisiensi produksi tetapi juga memberikan kontrol yang lebih besar atas kualitas dan komposisi pakan, yang pada gilirannya meningkatkan kesehatan dan produktivitas ternak serta ikan.

Fungsi Mesin Pembuat Pelet Cetak Pelet Ikan Ternak

Mesin Pembuat Pelet atau Mesin Cetak Pelet Ikan dan Ternak memiliki beberapa fungsi utama yang penting dalam proses pembuatan pakan untuk hewan ternak dan ikan. Berikut adalah fungsi-fungsi utama dari mesin ini:

  1. Menggiling dan Mencampur Bahan Baku: Mesin ini berfungsi untuk menggiling bahan baku seperti biji-bijian, tepung ikan, dedak, dan bahan tambahan lainnya hingga menjadi partikel yang halus. Selanjutnya, mesin ini mencampurkan bahan-bahan tersebut hingga homogen, memastikan distribusi nutrisi yang merata dalam setiap pelet.
  2. Membentuk Pelet: Fungsi utama dari mesin ini adalah membentuk adonan pakan menjadi pelet dengan ukuran dan bentuk yang seragam. Proses ini melibatkan ekstrusi atau pencetakan bahan baku yang telah dicampur melalui cetakan yang dirancang khusus.
  3. Pengaturan Ukuran Pelet: Mesin ini memungkinkan pengaturan ukuran pelet sesuai dengan kebutuhan spesifik ikan atau ternak. Ukuran pelet dapat disesuaikan untuk berbagai jenis dan umur hewan, mulai dari pelet kecil untuk ikan muda hingga pelet besar untuk ternak dewasa.
  4. Pengeringan Pelet: Setelah pelet dibentuk, mesin ini juga dapat dilengkapi dengan fungsi pengeringan. Pelet yang masih basah dikeringkan untuk mengurangi kadar airnya, sehingga lebih awet dan tidak mudah berjamur.
  5. Pendinginan Pelet: Pelet yang telah dikeringkan perlu didinginkan untuk menstabilkan bentuk dan teksturnya sebelum disimpan atau diberikan kepada hewan. Pendinginan memastikan pelet tidak hancur saat penyimpanan dan transportasi.
  6. Meningkatkan Nutrisi dan Pencernaan: Dengan proses pencampuran dan pencetakan yang tepat, mesin ini membantu meningkatkan nilai nutrisi pakan dan mempermudah pencernaan oleh hewan. Nutrisi yang terdistribusi secara merata dalam pelet memastikan setiap hewan mendapatkan asupan yang seimbang.
  7. Efisiensi Pemberian Pakan: Pelet yang diproduksi lebih mudah ditangani, disimpan, dan diberikan kepada ternak atau ikan. Pelet tidak mudah tercecer atau terbuang, sehingga mengurangi pemborosan pakan.
  8. Mengurangi Limbah: Dengan memproduksi pelet dari bahan baku lokal dan sisa-sisa pertanian, mesin ini membantu mengurangi limbah dan mendukung praktik pertanian berkelanjutan.

Aplikasi dalam Industri Peternakan dan Perikanan:

  • Peternakan Unggas dan Ternak: Digunakan untuk membuat pelet pakan ayam, sapi, babi, kambing, dan hewan ternak lainnya. Pelet yang dihasilkan memudahkan pemberian pakan dan memastikan nutrisi yang seimbang.
  • Budidaya Ikan: Digunakan untuk membuat pelet pakan ikan yang dapat mengapung atau tenggelam, sesuai dengan kebutuhan spesies ikan yang dibudidayakan. Ini penting untuk efisiensi pemberian pakan dan kesehatan ikan.
  • Pembuatan Pakan Khusus: Mesin ini memungkinkan pembuatan pakan khusus dengan formula tertentu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi spesifik dari berbagai jenis hewan atau ikan.

Kelebihan dan Kekurangan Mesin Pembuat Pelet Cetak Pelet Ikan Ternak

Berikut adalah tabel yang merangkum kelebihan dan kekurangan dari Mesin Pembuat Pelet atau Mesin Cetak Pelet Ikan dan Ternak:

Kelebihan Kekurangan
Efisiensi Produksi<br>Mampu memproduksi pelet dalam jumlah besar dalam waktu singkat, meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya operasional. Biaya Awal Tinggi<br>Investasi awal untuk pembelian mesin cukup tinggi, yang bisa menjadi kendala bagi usaha kecil.
Kualitas Pelet yang Tinggi<br>Pelet yang dihasilkan memiliki tekstur yang padat dan seragam, memastikan pelet tidak mudah hancur dan tetap utuh hingga dikonsumsi. Konsumsi Energi<br>Mesin membutuhkan daya listrik yang cukup besar untuk operasinya, yang dapat meningkatkan biaya operasional.
Pengaturan Ukuran Pelet<br>Ukuran pelet dapat diatur sesuai kebutuhan spesifik ternak atau ikan, memberikan fleksibilitas dalam produksi pakan. Pemeliharaan Rutin<br>Memerlukan pemeliharaan rutin untuk memastikan kinerja optimal dan mencegah kerusakan, yang bisa memerlukan biaya tambahan.
Penghematan Biaya Pakan<br>Memungkinkan produksi pakan sendiri, menghemat biaya dibandingkan dengan membeli pakan jadi dari pemasok. Kompleksitas Operasional<br>Pengoperasian mesin mungkin memerlukan pelatihan khusus untuk memastikan penggunaan yang benar dan efisien.
Peningkatan Nutrisi<br>Peternak dapat menyesuaikan formula pakan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi spesifik hewan, meningkatkan kesehatan dan produktivitas ternak atau ikan. Kebisingan<br>Operasi mesin bisa menghasilkan kebisingan yang tinggi, yang mungkin memerlukan manajemen kebisingan di lingkungan kerja.
Kemudahan Pengoperasian<br>Dirancang untuk mudah dioperasikan dengan fitur otomatisasi dan instruksi yang jelas. Ukuran dan Berat<br>Mesin bisa berukuran besar dan berat, memerlukan ruang dan instalasi yang cukup serta peralatan pengangkutan yang sesuai.
Penggunaan Bahan Baku Beragam<br>Mampu memproses berbagai jenis bahan baku, seperti tepung ikan, dedak, dan biji-bijian. Ketergantungan pada Listrik<br>Mesin sangat bergantung pada sumber listrik, yang bisa menjadi masalah jika terjadi pemadaman.
Konstruksi Tahan Lama<br>Dibuat dari bahan yang kuat dan tahan lama, seperti baja tahan karat, yang memastikan masa pakai panjang. Pengeringan dan Pendinginan<br>Proses pengeringan dan pendinginan memerlukan waktu tambahan dan peralatan pendukung.

Tabel ini memberikan gambaran yang jelas mengenai berbagai kelebihan dan kekurangan dari Mesin Pembuat Pelet atau Mesin Cetak Pelet Ikan dan Ternak, membantu dalam pengambilan keputusan untuk investasi dan operasional mesin tersebut.

Cara Pemesanan :

KANTOR & WORKSHOP
CV. Graha Mesin Globalindo
Jalan Raya Kapi Woro No 37,
Mangliawan, Pakis, Malang, Jawa Timur 65154.

WHATSAPP
Dian : 081285840001
Billy : 081285840002
CALL CENTER
Call Center : (0341) 718-369

Email : grahamesin@gmail.com
Youtube : grahamesin
Instagram : pabrikmesin
Website : www.grahamesin.com

Tags: , , , , , , ,

Mesin Pembuat Pelet Cetak Pelet Ikan Ternak Sederhana Graha

Berat 300 gram
Kondisi Baru
Dilihat 26 kali
Diskusi Belum ada komentar

Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Produk Terkait
error: Content is protected !!

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Billy
● online
Billy
● online
Halo, perkenalkan saya Billy
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja