Beranda » Mesin Pengolahan Kakao » Mesin Perkebunan Pemecah Kulit|Pemisah Biji Kakao(Desheller)
click image to preview activate zoom

Mesin Perkebunan Pemecah Kulit|Pemisah Biji Kakao(Desheller)

Rp 24.000.000
Stok Tersedia
Kategori Mesin Pengolahan Kakao, mesin perkebunan
Tentukan pilihan yang tersedia!
Pemesanan yang lebih cepat! Quick Order
Bagikan ke

Mesin Perkebunan Pemecah Kulit|Pemisah Biji Kakao(Desheller)

Mesin Perkebunan Pemecah Kulit & Pemisah Biji Kakao (Desheller)

Deskripsi Mesin Pemecah Kulit & Pemisah Biji Kakao (Desheller)

Mesin Pemecah Kulit & Pemisah Biji Kakao, sering disebut sebagai “Desheller,” adalah alat atau mesin yang digunakan dalam industri pengolahan kakao untuk memecah dan memisahkan kulit dari biji kakao setelah proses fermentasi dan pengeringan. Proses ini sangat penting dalam produksi kakao karena memastikan bahwa hanya biji kakao yang berkualitas tinggi, tanpa kulit, yang digunakan untuk membuat produk kakao seperti coklat, bubuk kakao, dan mentega kakao.

Mesin ini bekerja dengan cara menghancurkan kulit biji kakao yang sudah kering tanpa merusak bijinya. Setelah kulit pecah, mesin kemudian memisahkan kulit dari bijinya, biasanya dengan menggunakan sistem blower yang memanfaatkan perbedaan berat antara kulit dan biji kakao. Kulit yang lebih ringan akan ditiupkan ke tempat penampungan terpisah, sementara biji kakao yang lebih berat akan jatuh dan terkumpul di tempat yang berbeda.

Penggunaan mesin ini dalam industri kakao membantu meningkatkan efisiensi produksi dan memastikan kualitas produk akhir. Dengan pemisahan kulit dan biji yang lebih bersih dan efisien, produk kakao yang dihasilkan memiliki rasa dan aroma yang lebih baik. Selain itu, pengurangan limbah kulit kakao juga berkontribusi terhadap praktik pengolahan kakao yang lebih berkelanjutan.

Spesifikasi Mesin Pemecah Kulit & Pemisah Biji Kakao (Desheller)

  • Kapasitas : 25 kg/jam
    Tipe : silinder berputar
    Corong pemasukan : plat stainless steel
    Bagian penghancur : stainless steel berbentuk silinder ,
    didalamnya terdapat gigi penghancur dan saringan

Cara Kerja Mesin Pemecah Kulit & Pemisah Biji Kakao (Desheller)

Tabel ini akan mencakup langkah-langkah utama dalam proses pemecahan kulit dan pemisahan biji kakao:

Langkah Deskripsi
1. Pemuatan Biji Kakao Biji kakao yang sudah fermentasi dan kering dimasukkan ke dalam mesin Desheller.
2. Pemecahan Kulit Mesin akan memecah kulit biji kakao menggunakan mekanisme rotasi atau dampak, tanpa merusak bijinya.
3. Pemisahan Kulit dan Biji Setelah kulit pecah, mesin menggunakan sistem blower untuk memisahkan kulit yang lebih ringan dari biji kakao yang lebih berat.
4. Pengumpulan Biji Kakao Biji kakao yang sudah dipisahkan dari kulitnya dikumpulkan di wadah yang telah disiapkan.
5. Pembuangan Kulit Kulit yang telah dipisahkan ditiupkan ke tempat penampungan terpisah untuk dibuang atau diolah lebih lanjut.

Proses ini memastikan bahwa biji kakao yang dihasilkan bersih dari kulit dan siap untuk proses pengolahan lebih lanjut, seperti pemanggangan dan penggilingan, dalam pembuatan produk kakao. Mesin Desheller meningkatkan efisiensi dan kualitas dalam proses pengolahan kakao dengan meminimalkan kontaminasi dan meningkatkan kecepatan pemisahan kulit dan biji.

Video Mesin Pemecah Kulit & Pemisah Biji Kakao (Desheller)

Keunggulan Mesin Pemecah Kulit & Pemisah Biji Kakao (Desheller)

Mesin Pemecah Kulit & Pemisah Biji Kakao (Desheller) menawarkan sejumlah keunggulan yang signifikan dalam industri pengolahan kakao, yang meliputi:

  1. Efisiensi Produksi yang Tinggi: Dengan menggunakan mesin ini, proses pemecahan kulit dan pemisahan biji kakao dari kulitnya menjadi lebih cepat dan efisien. Ini membantu meningkatkan kapasitas produksi dan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk pengolahan biji kakao.
  2. Peningkatan Kualitas Produk: Dengan pemisahan yang lebih bersih dan akurat antara biji dan kulit kakao, kualitas biji kakao yang dihasilkan untuk proses selanjutnya seperti pemanggangan dan penggilingan menjadi lebih baik. Ini berkontribusi pada rasa dan aroma produk kakao akhir yang lebih superior.
  3. Pengurangan Tenaga Kerja: Penggunaan mesin ini dapat mengurangi kebutuhan akan tenaga kerja manual untuk pemecahan kulit dan pemisahan biji, sehingga mengurangi biaya operasional dan meningkatkan efisiensi kerja.
  4. Minimnya Kontaminasi: Mesin ini membantu mengurangi risiko kontaminasi produk karena pemisahan antara kulit dan biji kakao dilakukan dalam satu proses yang tertutup, meminimalkan kontak dengan faktor eksternal yang dapat mengurangi kualitas biji kakao.
  5. Pengolahan Limbah yang Lebih Baik: Kulit kakao yang dipisahkan dapat dengan mudah dikumpulkan dan diolah lebih lanjut, baik sebagai pupuk organik atau untuk keperluan lain, mendukung praktik pengolahan kakao yang lebih berkelanjutan.
  6. Fleksibilitas dan Adaptabilitas: Mesin Desheller umumnya dirancang untuk mudah diadaptasi dengan berbagai kapasitas produksi, dari skala kecil hingga besar, memungkinkan penggunaan yang fleksibel sesuai dengan kebutuhan pengolahan kakao.
  7. Pemeliharaan dan Operasi yang Relatif Mudah: Mesin pemecah kulit dan pemisah biji kakao dirancang untuk mudah dioperasikan dan dipelihara, memastikan bahwa penggunaannya dapat berlangsung secara lancar dan efisien selama jangka waktu yang lama.

Fungsi Mesin Pemecah Kulit & Pemisah Biji Kakao (Desheller)

Mesin Pemecah Kulit & Pemisah Biji Kakao (Desheller) memiliki fungsi utama dalam industri pengolahan kakao, yaitu:

  1. Memecah Kulit Biji Kakao: Fungsi utama mesin ini adalah untuk memecahkan atau membuka kulit kering dari biji kakao yang telah melalui proses fermentasi dan pengeringan. Ini memungkinkan biji kakao di dalamnya untuk dipisahkan dari kulitnya.
  2. Pemisahan Kulit dan Biji Kakao: Setelah kulit pecah, mesin ini juga berfungsi untuk memisahkan kulit yang telah pecah dari biji kakao. Pemisahan ini biasanya dilakukan dengan menggunakan sistem blower atau aspirasi yang memanfaatkan perbedaan berat atau ukuran antara kulit dan biji.
  3. Meningkatkan Efisiensi Pengolahan Kakao: Dengan memecah dan memisahkan kulit dari biji secara otomatis, mesin ini membantu meningkatkan efisiensi dalam proses pengolahan kakao. Ini mengurangi waktu dan tenaga kerja yang diperlukan untuk pemisahan manual, memungkinkan produksi kakao skala besar menjadi lebih efisien.
  4. Menyediakan Biji Kakao Berkualitas untuk Produksi Lanjutan: Biji kakao yang telah dipisahkan dari kulitnya dengan bersih memiliki kualitas yang lebih baik untuk diolah lebih lanjut menjadi produk kakao, seperti bubuk kakao, mentega kakao, dan cokelat. Proses pemisahan yang efektif memastikan bahwa biji kakao tidak terkontaminasi dengan sisa kulit, yang dapat mempengaruhi rasa dan kualitas produk akhir.
  5. Mendukung Keberlanjutan Industri Kakao: Dengan memaksimalkan pemisahan kulit dan biji, mesin ini juga berkontribusi pada pengurangan limbah. Kulit kakao yang telah dipisahkan dapat diolah lebih lanjut menjadi produk lain atau digunakan sebagai kompos, mendukung praktik pengolahan kakao yang lebih berkelanjutan.

Kelebihan dan Kekurangan Mesin Pemecah Kulit & Pemisah Biji Kakao (Desheller)

erikut adalah tabel yang menjelaskan kelebihan dan kekurangan dari Mesin Pemecah Kulit & Pemisah Biji Kakao (Desheller):

Kelebihan Kekurangan
Efisiensi Tinggi<br>Mempercepat proses pemisahan kulit dan biji kakao, meningkatkan produktivitas pengolahan. Biaya Investasi Awal<br>Memerlukan investasi awal yang relatif tinggi untuk pembelian dan instalasi mesin.
Kualitas Produk<br>Memastikan kualitas biji kakao yang lebih baik dengan pemisahan kulit yang lebih bersih, berkontribusi pada kualitas produk akhir. Kebutuhan Pemeliharaan<br>Memerlukan pemeliharaan rutin untuk menjaga efisiensi dan keandalan mesin.
Pengurangan Limbah<br>Kulit kakao dapat dengan mudah dikumpulkan dan diolah lebih lanjut, mendukung praktik pengolahan kakao yang lebih berkelanjutan. Pelatihan Operator<br>Memerlukan pelatihan khusus untuk operator dalam mengoperasikan dan memelihara mesin secara efektif.
Peningkatan Kebersihan Produk<br>Minimalkan kontaminasi produk dengan pemisahan mekanis antara kulit dan biji. Ketergantungan pada Listrik<br>Bergantung pada pasokan listrik, yang bisa menjadi masalah di area dengan suplai listrik yang tidak stabil.
Adaptabilitas<br>Dapat disesuaikan dengan kapasitas produksi yang berbeda-beda, cocok untuk pengolahan skala kecil hingga besar. Risiko Kerusakan Biji<br>Jika tidak diatur dengan benar, mesin dapat merusak biji kakao, mempengaruhi rendemen dan kualitas.

Mesin Pemecah Kulit & Pemisah Biji Kakao (Desheller) memang menawarkan solusi efektif untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas dalam pengolahan kakao. Namun, penggunaannya juga harus mempertimbangkan faktor investasi, operasional, dan kondisi lokal agar dapat dimanfaatkan secara optimal.

Cara Pemesanan :

KANTOR & WORKSHOP
CV. Graha Mesin Globalindo
Jalan Raya Kapi Woro No 37,
Mangliawan, Pakis, Malang, Jawa Timur 65154.

WHATSAPP
Dian : 081285840001
Billy : 081285840002
CALL CENTER
Call Center : (0341) 718-369

Email : grahamesin@gmail.com
Youtube : grahamesin
Instagram : pabrikmesin
Website : www.grahamesin.com

Tags: , , , , , , ,

Mesin Perkebunan Pemecah Kulit|Pemisah Biji Kakao(Desheller)

Berat 300 gram
Kondisi Baru
Dilihat 220 kali
Diskusi Belum ada komentar

Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Produk Terkait
error: Content is protected !!

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Billy
● online
Billy
● online
Halo, perkenalkan saya Billy
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja