Beranda » Mesin Pengolahan Makanan » Mesin Vacuum Frying Alat Pembuat Keripik Buah Graha Mesin
click image to preview activate zoom

Mesin Vacuum Frying Alat Pembuat Keripik Buah Graha Mesin

Rp 20.000.000
Stok Tersedia
Kategori Mesin Pengolahan Makanan, mesin perkebunan, Mesin Usaha / UKM
Tentukan pilihan yang tersedia!
Pemesanan yang lebih cepat! Quick Order
Bagikan ke

Mesin Vacuum Frying Alat Pembuat Keripik Buah Graha Mesin

Mesin Vacuum Frying Alat Pembuat Keripik Buah Graha Mesin

Deskiripsi Mesin Vacuum Fyying Keripik Buah

Mesin vacuum frying keripik buah adalah alat yang digunakan untuk menggoreng berbagai jenis buah dengan menggunakan teknologi vacuum (vakum). Proses vacuum frying ini memungkinkan buah-buahan digoreng pada suhu yang lebih rendah dibandingkan dengan penggorengan tradisional, yang membantu dalam menjaga warna, tekstur, dan nutrisi dari buah tersebut.

Mesin vacuum frying keripik buah banyak digunakan dalam industri pengolahan makanan untuk membuat snack yang lebih sehat. Ini sangat populer di kalangan produsen yang ingin menawarkan alternatif makanan ringan yang lebih sehat dengan kandungan kalori yang lebih rendah dan tanpa pengawet kimia.

Secara keseluruhan, penggunaan mesin vacuum frying membuka peluang besar dalam produksi keripik buah yang tidak hanya lezat tetapi juga menyehatkan, cocok untuk pasar konsumen yang semakin sadar akan kesehatan.

Spesifikasi Mesin Vacuum Fyying Keripik Buah

Vacuum Frying Kapasitas 3kg

  • Model : RH 3VF
  • Merk: ROBHAN
  • Kapasitas : 3kg
  • Type : Horisontal Knock Down
  • Dimensi bak plus kayu penyangga : 140 x 110 x 60 cm
  • Dimensi bak tanpa kayu : 140 x 110 x 50 cm
  • Ø Tabung penggoreng : 36 x 55 cm
  • Bahan Tabung : Stainlees steel
  • Bahan kondensor : Stainlees steel
  • Power : 750 Watt
  • Bahan bakar : LPG
  • Kelengkapan : – Thermometer digital
    :  Selenoid valve
    :  Vacuum meter
    :  Pompa vacuum dan jet vacuum

Cara Kerja Mesin Vacuum Fyying Keripik Buah

Berikut adalah tabel yang menggambarkan cara kerja mesin vacuum frying untuk pembuatan keripik buah. Tabel ini mencakup langkah-langkah utama dalam proses tersebut, menjelaskan setiap tahapan dari awal hingga akhir.

Langkah Deskripsi
1. Persiapan Buah Buah-buahan dipilih dan dicuci bersih. Kemudian, buah diiris sesuai ketebalan yang diinginkan, dan siapkan sesuai dengan kapasitas mesin.
2. Pemasukan Buah ke dalam Chamber Irisan buah dimasukkan ke dalam chamber penggorengan mesin vacuum frying.
3. Pemvakuman Chamber Udara di dalam chamber dihilangkan untuk menciptakan kondisi vakum. Proses ini mengurangi tekanan dalam chamber, memungkinkan minyak dapat mendidih pada suhu yang lebih rendah.
4. Penggorengan pada Suhu Rendah Buah digoreng pada suhu yang dikontrol (umumnya antara 80°C hingga 120°C). Suhu yang rendah ini membantu menjaga kualitas nutrisi dan sensoris buah.
5. Penyelesaian Proses Goreng Setelah buah mencapai tingkat kerenyahan yang diinginkan, proses penggorengan dihentikan. Ini biasanya berlangsung selama beberapa menit tergantung jenis buah dan ketebalan irisan.
6. Pengeluaran Minyak Minyak di dalam chamber dikurangi, dan buah yang sudah digoreng dipisahkan dari minyak. Proses ini mengurangi kandungan lemak pada keripik buah.
7. Pendinginan dan Pengemasan Keripik buah yang telah digoreng dan dikeringkan didinginkan sebelum akhirnya dikemas. Pengemasan yang tepat penting untuk menjaga kualitas dan kesegaran keripik buah.

Tabel ini memberikan gambaran umum tentang setiap tahapan dalam proses pembuatan keripik buah menggunakan mesin vacuum frying, menunjukkan bagaimana teknologi ini membantu dalam menghasilkan produk yang lebih sehat dan berkualitas tinggi.

Video Mesin Vacuum Fyying Keripik Buah

Keunggulan Mesin Vacuum Fyying Keripik Buah

Mesin vacuum frying keripik buah menawarkan berbagai keunggulan yang menjadikannya pilihan yang menarik bagi produsen makanan, terutama mereka yang fokus pada produksi makanan sehat. Beberapa keunggulan utama dari menggunakan mesin vacuum frying untuk membuat keripik buah adalah:

  1. Pengolahan pada Suhu Rendah:
    • Mesin vacuum frying memungkinkan penggorengan pada suhu yang lebih rendah (sekitar 80°C hingga 120°C) dibandingkan dengan penggorengan tradisional. Hal ini membantu menjaga kualitas warna, rasa, dan aroma buah, serta mengurangi kerusakan nutrisi yang terjadi akibat pemanasan tinggi.
  2. Retensi Nutrisi yang Lebih Baik:
    • Nutrisi penting seperti vitamin dan antioksidan lebih mudah rusak pada suhu tinggi. Penggorengan pada suhu rendah membantu mempertahankan nutrisi ini, menjadikan produk akhir lebih kaya manfaat bagi kesehatan.
  3. Produk Akhir yang Lebih Sehat:
    • Proses vakum dalam penggorengan mengurangi penyerapan minyak, sehingga menghasilkan produk dengan kandungan lemak yang lebih rendah. Ini sangat penting bagi konsumen yang ingin mengurangi asupan kalori atau lemak.
  4. Peningkatan Keamanan Pangan:
    • Penggorengan pada suhu rendah juga mengurangi pembentukan zat berbahaya seperti akrilamida, yang biasanya terbentuk pada pengolahan makanan pada suhu tinggi.
  5. Kualitas Sensoris yang Tinggi:
    • Keripik buah yang dihasilkan memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang intens, yang dapat lebih menarik bagi pelanggan. Warna alami buah juga lebih terjaga, membuatnya lebih menarik secara visual.
  6. Pengurangan Limbah dan Efisiensi Energi:
    • Mesin vacuum frying lebih efisien dari segi energi dibandingkan dengan metode penggorengan tradisional karena memerlukan waktu yang lebih singkat untuk menggoreng. Selain itu, proses vakum mengurangi emisi dan membantu mengurangi limbah yang dihasilkan dari proses pengolahan.
  7. Versatilitas dalam Pengolahan Berbagai Jenis Buah:
    • Mesin ini dapat digunakan untuk berbagai jenis buah, dari yang paling lunak seperti stroberi hingga yang lebih keras seperti apel dan pisang, memungkinkan produsen untuk menawarkan berbagai jenis keripik buah dalam produk mereka.
  8. Kemudahan dalam Operasi dan Pemeliharaan:
    • Mesin-mesin modern dirancang dengan antarmuka yang mudah digunakan dan mudah dalam pemeliharaan, meminimalisir downtime dan meningkatkan produktivitas.

Dengan semua keunggulan ini, mesin vacuum frying menjadi alat yang sangat berharga dalam industri pengolahan makanan, terutama bagi mereka yang ingin menyasar pasar makanan sehat dan gourmet.

Fungsi Mesin Vacuum Fyying Keripik Buah

Mesin vacuum frying keripik buah memiliki beberapa fungsi utama yang sangat berguna dalam industri pengolahan makanan, terutama dalam produksi makanan ringan yang lebih sehat. Fungsi-fungsi tersebut meliputi:

  1. Penggorengan pada Suhu Rendah:
    • Memungkinkan penggorengan buah pada suhu yang lebih rendah (antara 80°C hingga 120°C) daripada penggorengan konvensional. Suhu yang lebih rendah ini mengurangi risiko pembakaran dan meminimalisir degradasi nutrisi dan senyawa penting lainnya dalam buah.
  2. Mengurangi Penyerapan Minyak:
    • Karena proses penggorengan terjadi di bawah kondisi vakum, penyerapan minyak oleh buah dapat diminimalisir. Hal ini menghasilkan keripik buah yang lebih rendah lemak dan lebih sehat dibandingkan dengan metode penggorengan tradisional.
  3. Pemeliharaan Kualitas Nutrisi:
    • Suhu rendah dan lingkungan vakum membantu mempertahankan vitamin, antioksidan, dan mineral yang ada pada buah. Ini sangat penting untuk menjaga manfaat kesehatan dari snack yang dihasilkan.
  4. Memperbaiki Tekstur dan Rasa:
    • Mesin ini menghasilkan keripik buah yang memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang intens, karena proses vakum mengurangi kadar air dengan efisien sambil mempertahankan rasa alami dari buah.
  5. Pengurangan Pembentukan Zat Berbahaya:
    • Penggorengan pada suhu rendah juga mengurangi pembentukan zat berbahaya seperti akrilamida, yang biasanya terbentuk pada pengolahan makanan pada suhu tinggi.
  6. Peningkatan Keamanan dan Kebersihan Proses Produksi:
    • Proses vakum membantu menjaga lingkungan produksi yang lebih bersih dan bebas dari kontaminan oksigen dan udara lainnya, mengurangi risiko oksidasi dan kontaminasi silang.
  7. Efisiensi Energi:
    • Proses vacuum frying memerlukan energi yang lebih rendah dibandingkan dengan penggorengan konvensional karena suhu yang lebih rendah dan waktu yang lebih singkat untuk mencapai kerenyahan yang diinginkan.
  8. Versatilitas:
    • Mesin ini dapat digunakan untuk berbagai jenis buah, memungkinkan produsen untuk bereksperimen dengan berbagai rasa dan tekstur, dari buah-buah keras seperti apel dan pisang, hingga buah-buah lunak seperti stroberi dan kiwi.

Dengan demikian, fungsi utama mesin vacuum frying dalam industri pengolahan makanan adalah untuk memproduksi keripik buah yang lebih sehat, berkualitas tinggi, dan lezat, sambil menjaga efisiensi produksi dan keamanan pangan.

Kelebihan dan Kekurangan Mesin Vacuum Fyying Keripik Buah

Berikut adalah tabel yang menggambarkan kelebihan dan kekurangan dari penggunaan mesin vacuum frying untuk produksi keripik buah. Tabel ini membantu mengidentifikasi potensi manfaat dan beberapa tantangan yang mungkin dihadapi saat menggunakan teknologi ini.

Kelebihan Kekurangan
Penggorengan Suhu Rendah<br>Penggorengan pada suhu rendah mengurangi risiko kerusakan nutrisi dan menjaga rasa alami buah. Biaya Awal Tinggi<br>Pembelian dan instalasi mesin vacuum frying dapat memerlukan investasi awal yang besar dibandingkan dengan penggorengan tradisional.
Kualitas Produk Tinggi<br>Menghasilkan keripik buah yang memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang intens serta menjaga warna alami buah. Kompleksitas Operasional<br>Membutuhkan pengetahuan dan keahlian teknis untuk mengoperasikan mesin dan mempertahankan vakum yang efisien.
Rendah Lemak<br>Penyerapan minyak lebih rendah membuat produk lebih sehat dan cocok untuk pasar yang sadar akan kesehatan. Waktu Proses Lebih Lama<br>Proses penggorengan dalam vakum bisa lebih lama dibandingkan metode penggorengan tradisional.
Retensi Nutrisi Lebih Baik<br>Meminimalkan degradasi vitamin dan antioksidan, sehingga meningkatkan nilai gizi keripik buah. Perawatan dan Pemeliharaan<br>Membutuhkan pemeliharaan rutin yang cermat untuk menjaga performa mesin dan kualitas vakum.
Efisiensi Energi<br>Membutuhkan energi lebih sedikit karena suhu penggorengan yang lebih rendah dan efisiensi termal yang lebih baik. Keterbatasan Skala<br>Mungkin tidak efisien untuk produksi dalam skala sangat besar, tergantung pada kapasitas mesin.
Pengurangan Zat Berbahaya<br>Mengurangi pembentukan senyawa berbahaya seperti akrilamida. Investasi Pendidikan dan Pelatihan<br>Membutuhkan pelatihan untuk operator untuk mengoptimalkan penggunaan dan pemeliharaan mesin.

Tabel ini menunjukkan bahwa meskipun terdapat beberapa kekurangan, kelebihan yang ditawarkan oleh mesin vacuum frying, seperti kualitas produk yang lebih baik dan produk akhir yang lebih sehat, membuat teknologi ini sangat berharga untuk investasi jangka panjang dalam industri pengolahan makanan khususnya dalam pembuatan keripik buah.

Cara Pemesanan :

KANTOR & WORKSHOP
CV. Graha Mesin Globalindo
Jalan Raya Kapi Woro No 37,
Mangliawan, Pakis, Malang, Jawa Timur 65154.

WHATSAPP
Dian : 081285840001
Billy : 081285840002
CALL CENTER
Call Center : (0341) 718-369

Email : grahamesin@gmail.com
Youtube : grahamesin
Instagram : pabrikmesin
Website : www.grahamesin.com

 

Tags: , , , , , , , ,

Mesin Vacuum Frying Alat Pembuat Keripik Buah Graha Mesin

Berat 300 gram
Kondisi Baru
Dilihat 28 kali
Diskusi Belum ada komentar

Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Produk Terkait
error: Content is protected !!

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Billy
● online
Billy
● online
Halo, perkenalkan saya Billy
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja